MENYUSUN PROPOSAL DAN LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Oleh Drs. Heru Purwanta, S.Si.
A. Sistematika Proposal PTK
1. Judul Penelitian
Kriteria judul PTK: ada masalah yang akan
diteliti (variabel Y), ada tindakan untuk mengatasi masalah (variabel X), dan
ada subjek dan lokasi yang spesifik.
Pola judul yang digunakan PTK, misalnya:
a.
Penerapan X untuk
Meningkatkan Y pada….
b.
Upaya Meningkatkan Y
melalui X pada….
c.
Optimalisasi X untuk
Meningkatkan Y pada….
d.
Peningkatan Y melalui
X pada….
2. Latar Belakang Masalah
Pada dasarnya, latar belakang masalah
berupa dua hal besar yang “dibenturkan”, yaitu sesuatu yang diharapkan dengan
sesuatu yang terjadi. Secara rinci, latar belakang masalah berisi:
a.
Masalah nyata yang dijumpai di kelas
b.
Pentingnya masalah tersebut dipecahkan
c.
Penyebab timbulnya masalah
d.
Alternatif tindakan untuk mengatasi masalah
e.
Argumen/ alasan
dipilihnya tindakan itu.
3. Rumusan Masalah
Masalah dirumuskan dalam bentuk kalimat
tanya yang mempertanyakan kemampuan “resep obat” yang akan diterapkan.
a.
Apakah melalui X dapat
meningkatkan Y pada siswa….
b.
Bagaimana menerapkan X yang dapat
menerapkan Y pada siswa….
c.
Seberapa jauh penerapan X dapat
meningkatkan Y pada siswa….
4. Tujuan dan Manfaat Penelitian
Tujuan penelitian
harus sesuai dengan rumusan masalah. Jika rumusan masalahnya, “Apakah penerapan
X dapat meningkatkan Y,” maka tujuan penelitiannya adalah, “Meningkatkan Y
melalui X.”
Pada bagian tujuan
penelitian dilengkapi dengan indikator penelitian, yaitu target terakhir
penelitian (hasil pada siklus terakhir).
Contoh indikator hasil penelitian:
a.
Sejumlah 70% siswa aktif dalam kegiatan
pembelajaran
b.
Sejumlah 70% siswa menampakkan kesungguhan
dalam bercerita berpasangan
c.
Sejumlah 70% siswa
dapat menyampaikan cerita dengan lancer, runtut, dan kompak.
Manfaat penelitian mengungkapkan manfaat bagi siswa, guru, dan sekolah.
Contoh
manfaat penelitian:
a.
Bagi siswa, dengan
diterapkannya teknik vercerita ber;pasangan dapat mengurangi perasaan takut dan malu siswa untuk tampil
bercerita di depan kelas sehingga akan lebih lancar dalam menyampaikan cerita
di hadapan teman-temannya
b.
Bagi guru, dapat mengembangkan
pembelajaran bercerita secara inovatif sehingga kualitas pembelajaran meningkat
c.
Bagi sekolah, hasil
pengembangan ini dapat dijadikan acuan dalam upaya pengadaan inovasi pembelajaran
bagi para guru yang lain, juga memotivasi mereka untuk selalu melakukan
inovasi dengan strategi yang bervariasi.
5. Kajian Pustaka
Pada hakikatnya, kajian teori yang
dipaparkan adalah teori yang berkaitan langsung dengan variabel X dan Y. Kajian
teori tersebut digunakan sebagai pijakan untuk mengatasi masalah yang
dirumuskan. Setelah menguraikan teori variabel X dan Y, kemudian menjelaskan
kerangka berpikir, yang meyakinkan adanya “hubungan siginifikan” antara
variabel X dan Y. Agar lebih jelas, kerangka berpikir itu ditampilkan dalam
bentuk diagram.
6. Metode Penelitian
a.
Tempat dan waktu Penelitian
b.
Subjek Penelitian
c.
Prosedur Tindakan
setiap Siklus (rancangan ini bersifat sementara. Pada prinsipnya, rancangan
tindakan siklus kedua dibuat setelah siklus pertama dilakukan, rancangan siklus
ketiga dibuat setelah siklus kedua dilakukan, dan seterusnya)
7. Jadwal Penelitian
8. Daftar Pustaka
B. Sistematika Laporan PTK
Pada prinsipnya sistematika laporan PTK
adalah sebagai berikut:
1.
Bab I Pendahuluan, berisi Latar Belakang
Masalah, Rumusan Masalah, Tujuan dan Manfaat Penelitian
2.
Bab II Kajian Teori
3.
Bab III Metode Penelitian
4.
Bab IV Hasil Penelitian
a.
Deskripsikan data tiap siklus dalam bentuk
tabel, yang meliputi proses maupun hasil.
b.
Jelaskan perubahan
yang terjadi setiap siklus.
c.
Yang perlu ditekankan
adalah deskripsi proses yang menunjukkan keberhasilan tindakan yang dilakukan.
5.
Bab V Penutup
Berisi simpulan dan saran
Boyolali, 22 Januari 2010
Tidak ada komentar:
Posting Komentar