RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
(SIKLUS I)
Sekolah : SDN 3 Karang Bongkot
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas/Semester : V/1
Alokasi Waktu :
3 × 35 menit (1 pertemuan)
I. Standar
Kompetensi
1. Mengidentifikasi cara makhluk hidup menyesuaikan
diri dengan lingkungannya.
II.
Kompetensi Dasar
3.1. Mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan tertentu untuk mempetahankan hidup.
III.
Indikator
3.1.1 Dapat mengetahui dan menjelaskan hubungan bentuk fisik hewan dengan
lingkungan.
3.1.2. Dapat menjelaskan cara penyesuaian diri hewan untuk memperoleh makanan.
3.1.3. Dapat menjelaskan cara penyesuaian diri hewan untuk
melindungi diri.
IV.
Tujuan pembelajaran
Peserta didik dapat:
1. Mengetahui dan menjelaskan hubungan bentuk fisik
hewan dengan lingkungan.
2. Menjelaskan cara penyesuaian diri hewan untuk
memperoleh makanan.
3. Menjelaskan cara penyesuaian diri hewan untuk
melindungi diri.
V.
Materi ajar
Penyesuaian diri hewan dengan lingkungan tertentu.
VI.
Pendekatan dan Metode pembelajaran
Pendekatan : Model Pembelajaran interaktif tipe Examples Non
Examples
Metode : - Tanya jawab
- Ceramah
- Diskusi kelompok
- Penugasan
VII.Kegiatan
pembelajaran
a. Pra kegiatan ( 5 menit )
Salam, presensi, pengkondisian kelas
Kegiatan awal (10 menit)
Absensi kelas
b.
Apersepsi
Guru mengajukan pertanyaan:
-
Pernahkah kamu melihat burung elang?
-
Bagaimana bentuk paruhnya?
1)
Menyampaikan
materi pembelajaran, seperti: “Anak-anak, hari ini kita akan mempelajari
tentang cara penyesuaian hewan dengan lingkungannya.”
2)
Menyampaikan tujuan pembelajaran, seperti: “Tujuan kita
mempelajari materi ini adalah agar kita mengetahui bagaimana cara hewan
menyesuaikan diri dengan lingkungan.”
c. Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
1. Guru menggali pengetahuan siswa tentang pengertian adaptasi.
2. Siswa menjawab pertanyaan guru.
3. Guru menunjukkan gambar
kucing, anjing, pinguin, bebek, kelelawar, ayam, dan lain-lain.
4. Peserta didik mengamati dan mengidentifikasi bentuk badan kaki, kulit, sayap, paruh, bulu, taring, dan lain-lain.
5. Guru menjelaskan pentingnya
mahluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungannya.
6. Siswa membentuk kelompok
2-3 orang siswa dengan panduan guru.
7. Guru menjelaskan tata tertib dan kegiatan yang harus dilakukan oleh siswa.
8. Guru membagikan LKS kepada setiap kelompok.
9. Setiap kelompok mengerjakan LKS bersama-sama.
10. Guru memberikan batas waktu mengerjakan LKS.
11. Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas.
12. Siswa dan guru bersama- sama membahas hasil diskusi
Konfirmasi
1. Memfasilitasi peserta didik menyelesaikan masalah
yang belum terselesaikan.
2. Siswa mendapat penghargaan dari guru
3. Siswa mendengar penjelasan dari guru tentang materi yang dipelajari
4. Siswa diberi kesempatan bertanya
d. Kegiatan penutup (20 menit)
1. Siswa bersama guru membuat kesimpulan pembelajaran
2. Evaluasi dan tindak lanjut
VIII.
ALAT DAN SUMBER BAHAN
ALAT PERAGA :
a.
Gambar bermacam-macam hewan
Sumber :
a.
BSE Ilmu
Pengetahuan Alam untuk SD dan MI Kelas V karya Heri Sulistyanto dan Edy Wiyono.
IX.
Penilaian
1.
Tes tertulis
2.
Non
tes
a. Lembar pengamatan diskusi
b. Produk (laporan hasil lembar kerja)
c. Lembar kegiatan siswa
X.
Format Kriteria Penilaian
Terlampir
Tidak ada komentar:
Posting Komentar