Rencanan
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah : .................................
Tema : Diri Sendiri
Kelas/Semester : I / 1
Alokasi Waktu : 3 minggu
Standar Kompetensi :
1. IPS : Memahami identitas diri dan keluarga serta
sikap saling
menghormati dalam kemajemukan keluarga.
2. IPA :
Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta cara
perawatannya.
3. PKN :
Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
4.
Matematika : Melakukan penjumlahan dan pengurangan
bilangan sampai 20.
5. Bahasa
Indonesia :
·
Mendengarkan
: Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.
·
Berbicara :
Mengungkapkan fikiran, perasaan,
dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda
dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas.
·
Membaca :
Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.
·
Menulis :
Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi,
dan menyalin.
6. Seni Budaya dan Keterampilan
:
·
Mengapresiasi karya seni rupa.
· Mengekspresikan diri melalui karya seni
rupa.
Kompetensi
Dasar :
1. IPS
:
·
Mengidentifikasi identitas diri
, keluarga, dan kerabat.
2.
IPA :
·
Mengenal
bagian-bagian anggota tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya.
3. PKN :
·
Menjelaskan
perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa.
4. Matematika :
·
Membilang banyak benda .
·
Mengurutkan banyak benda.
5. Bahasa Indonesia :
·
Membedakan bunyi bahasa.
·
Memperkenalkan
diri dengan bahasa yang santun.
·
Mendeskripsikan
benda-benda sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana.
·
Menjiplak
berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
·
Menebalkan
berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.
6.
Seni Budaya dan Keterampilan :
·
Mengidentifikasi
unsur rupa pada benda alam sekitar.
·
Mengekspresikan
diri melalui teknik menggunting / menyobek..
I. Tujuan
Pembelajaran** :
·
Siswa
dapat memperkenalkan diri, menceritakan anggota keluarga yang ada di rumahnya.
·
Siswa
dapat menunjukkan bagian-bagian anggota tubuhdan kegunaannya.
·
Siswa
dapat menjelaskan dan membiasakan merawat tubuhnya.
·
Siswa
dapat menjelaskan cirri-ciri fisik dari laki-laki dan perenpuan.
·
Siswa
dapat menyebutkan kegiatan dan permainan yang dilakukan oleh laki-laki dan
perempuan.
·
Siswa
dapat menyebutkan banyak benda.
·
Siswa
dapat membandingkan dua kumpulan benda.
·
Siswa
dapat membaca dan menuliskan lambing bilangan.
·
Siswa
dapat mengurutkan bilangan dengan pola teratur.
·
Siswa
dapat membilang loncat 2, 3 dan 4.
·
Siswa
dapat mencocokan informasi dengan gambar.
·
Siswa
dapat menyimak cerita dari gambar seri.
·
Siswa
dapat mendengarkan dan menyanyikan lagu.
·
Siswa
dapat menyebutkan identitas diri dengan bahasa yang santun.
·
Siswa
dapat menyebutkan cirri-ciri suatu benda.
·
Siswa
dapat menjiplak dan menebalkan huruf, gambar.
·
Siswa
dapat menyalin/mencontoh huruf, suku
kata dan kata.
·
Siswa
dapat menggambar dari serangkaian titik, garis membentuk karya dua dimensi.
·
Siswa
dapat membuat benda karya mainan dengan teknik menyobek dan menggunting.
v
Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II. Materi
Ajar ( Materi Pokok ) :
·
Identitas
diri, keluarga dan kekerabatan.
·
Bagian-bagian
anggota tubuh, kegunaan dan cara perawatan.
·
Hidup rukun dalam perbedaan
·
Oprasi hitung.
·
Tanggapan
secara nonverbal terhadap informasi yang didengar.
·
Kalimat
sederhana untuk memperkenalkan diri.
·
Penulisan
huruf, kata dan kalimat sederhana.
·
Berbagai
jenis dan ukuran unsure rupa dua dimensi pada berbagai benda.
·
Membuat karya kerajinan .
III. Metoda
Pembelajaran :
·
Ceramah
·
Diskusi.
·
Tanya
jawab.
·
Demontrasi.
·
Pemberian
tugas.
IV. Langkah-langkah pembelajaran :
A. Kegiatan
awal :
Apresepsi/
Motivasi :
·
Mengisi
daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
·
Memperingatkan
cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·
Mengumpulkan tugas/ PR
B. Kegiatan inti :
Minggu I
Pertemuan pertama
: 3 x 35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat
Mengamati model/ gambar anggota tubuh.
F
Menyanyikan
lagu “ dua mata saya “
F
Menunjukkan gambar dan menyebutkan nama-nama anggota tubuh
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Melakukan
diskusi sederhana tentang perbedaan fisik antara laki-laki dan perempuan.
F
Menyebutkan
perbedaan tugas antara laki-laki dan perempuan.
F
Melakukan
tanya jawab tentang hak dan kewajiban laki-laki dan perempuan.
F
Mengamati
benda yang diperlihatkan guru ( kancing, kerang, manik-manik,pensil,dll )
F
Mengamati
benda yang ada di sekeliling siswa (
meja, buku, tas, dll )
F
Membilang
benda yang ada di sekeliling siswa dengan jumlah 1- 5 .
F
Menyimpan
kartu bilangan pada jumlah benda dengan tepat.
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua
3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia,
IPS, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat
Mengamati gambar seri yang menceritakan tentang persiapan ke sekolah.
F
Menyanyikan
lagu “pergi sekolah “
F
Menceritakan
dengan kalimat yang sederhana isi dari gambar tersebut.
F
Melakukan
tanya jawab tentang persiapan siswa bila pergi ke sekolah.
F
Mendengarkan
penjelasan guru tentang identitas diri, keluarga, dan kerabat.
F
Menjelaskan
kembali pentingnya identitas
diri.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Menyebutkan
keuntungan kita mempunyai identitas diri.
F
Membilang
benda yang diamati . secara individual dan klasikal.
F
Melakukan
penghitungan benda di depan kelas dengan jumlah 1 – 5
F
Menyebutkan
bilangan yang tepat sesuai dengan banyak benda
F
Mengisi soal yang berkaitan dengan banyak benda.
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Peretemuan ke tiga 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat
Memperkenalkan diri di depan kelas identitas diri dengan kalimat yang santun.
F
Secara
bergiliran memperkenalkan diri.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Menghitung
beda pada gambar/ model dengan jumlah benda
1 – 10.
F
Menyebutkan
jumlah banyak benda 1 – 10.
F
Meletakkan
kartu bilangan pada jumlah benda dengan tepat.
F
Seorang siswa
meletakkan benda dan siswa lain
menyimpan kartu bilangan yang tepat
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 2 x 35 menit.
( Bahasa Indonesia, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat
Melakukan pengamatan pada benda untuk menguraikan deskripsinya
F
Mengungkapkan
deskripsi benda dalam bentuk, warna, dan permukaa.
F
Contoh : Bentuknya panjang , digunakan untuk menulis,
bisa bergambar, dan polos. Semua murid memerlukannya. à deskripsi dari pensil.
F
Mencoba untuk
mendeskripsikan benda yang diperlihatkan temannya.
F
Mengamati
manik-manik, kancing atau kelereng yang diperlihatkan guru yang berjumlah 1 –
15.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Menghitung
banyak benda yang diperlihatkan guru dengan urutan yang benar.
F
Menyebutkan
bilangan yang sesuai dengan jumlah banyak benda.
F
Menyimpan
kartu bilangan pada benda yang sesuai dengan jumlahnya.
F
Menuliskan
lambing bilangan yang tepat sesuai dengan banyaknya benda.
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke lima 3 x 35 menit ( Matematika,
Bahasa Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat
Mengamati dua kelompok benda yang sama jumlahnya, berbe
F
da jumlahnya
untuk menemukan fakta lebih banyak atau lebih sedikit dan sama banyak.
F
Membilang
tiap kelompok benda dengan batas jumlah 1- 10.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Menyebutkan
bilangan yang tepat pada tiap kelompok benda.
F
Membandingkan
jumlah benda dan menyatakan lebih banyak atau lebih sedikit atau sama banyak
pada kedua kelompok benda tersebut.
F
Melakukan hal
sama pada dua kelompok benda dengan jumlah yang berbeda.
F
Melakukan
pengamatan terhadap gambar anggota tubuh.
F
Menyanyikan
lagu “ Dua mata saya “
F
Menyebutkan
nama anggota tubuh yang terlihat pada gambar.
F
Menyebutkan
nama anggota tubuh melalui permainan lagu “ Kepala ,pundak lutut kaki …”
F
Menunjukkan
dan menyebutkan nama anggota tubuh
melalui tubuh temannya.
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke enam 3x 35 menit (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa
Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat
Mengenal titik sebagi awal sebuah gambar.
F
Menggabungkan
beberapa titik untuk membuktikan sebuah garis terdiri dari sekumpulan
titik-titik yang berderet.
F
Mengamati
gambar anggota tubuh
F
Menjelaskan
kegunaan dari tiap anggota tubuh dengan menggunakan bahasa yang sederhana.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Membuat garis
lurus, garis miring, garis zigzag dan garis lengkung.
F
Membuat aneka garis ( garis lurus dan garis lengkung
) yang membentuk gambar lingkaran, segitiga, atau persegi.
F
Membuat
gambar yang berunsur garis.
F Mewarnai gambar tubuh dengan warna yang sesuai dan
menjelaskan kegunaan dari tiap anggota tubuh.
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Minggu ke 2
Pertemuan
pertama : 3 x 35 menit
( IPA, PKN, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat
Mengamati model/ gambar anggota tubuh.
F
Menyanyikan
lagu “ dua mata saya “
F
Menunjukkan
gambar dan menyebutkan nama-nama anggota
tubuh
F
Menjelaskan
kegunaan dari tiap-tiap anggota tubuh yang diamati.
F
Mengamati
gambar bagian anggota tubuh dan menjelaskan kegunaanya.
F
Meletakkan
kartu yang bergambar bagian anggota tubuh untuk meletakkan
F
Pada kartu
yang bertuliskan kegunaanya.
F
Mengamati
banyak benda yang disediakan guru.
F Membilang benda tersebut dengan jumlah berfariasi.
( 11 – 20 )
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Menyebutkan
nama bilangan sesuai dengan banyak benda.
F
Membandingkan
kembali dua kelompok benda yang berbeda jumlahnya.
F
Menjelaskan
bahwa dua kumpulan benda tersebut lebuh banyak atau lebih sedikit atau sama
banyak.
F
Menyebutkan
nama teman yang berjenis kelamin laki –laki dan perempuan.
F
Memberikan
contoh kegiatan yang dapat dilakukan oleh laki-laki dan perempuan..
F
Melakukan
diskusi sederhana tentang kegiatan yang dapat dapat dilakukan oleh laki-laki
maupun perempuan.
F Mengambil kesimpulan bahawa hak dan kewajiban
laki-laki sama, ada beberapa hal yang tidak dapat dilakukan oleh laki-laki maupun perempuan sebagai
kodrat.
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua
3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia,
IPS, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat
Menyimak tugas yang disampaikan guru dalam mengerjakan tugas.
F Menjelaskan manfaat mempunyai alamat tempat tinggal
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Membuat
bentuk garis, lingkaran di udara dengan posisi memegang alat tulis.
F
Memperhatikan
lembar tugas yang harus dilakukan adalah menjiplak bentuk, garis dan lingkaran
dengan posisi duduk dan memegang alat tulis yang benar.,
F
Menjiplak berbagai bentuk yang mendekati bentuk huruf.
F
Menceritakan
alamat rumah dan alamat sekolah
F
Menceritakan
kegiatan sebelum pergi ke sekolah.
F
Menceritakan
keadaan sekolah, jarak, dan suasana di sekolah.
F
Menyebutkan
bilangan yang tepat untuk jumlah sekumpulan benda.
F
Menuliskan di
udara bentuk bilangan 1 sampai 10.
F
Menuliskan
bilangan yang sesuai dengan banyak benda pada papan tulis.
F
Membaca nama
bilangan yang tertera pada papan tulis.
F
Mengerjakan
latihan menuliskan lambang bilanagn dan membacanya secara individual dan klasikal.
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke tiga 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia,
Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat
Menyimak uraian tugas yang disampaikan guru,
F Memperhatikan Lembar tugas yang diberikan guru, yang harus dilakukan adalah menebalkan
bentuk, garis, lingkaran
dengan posisi duduk dan memegang alat tulis yang baik.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Menyebutkan
bilangan yang tepat untuk jumlah sekumpulan benda.
F
Menuliskan di
udara bentuk bilangan 11 sampai 20 .
F
Menuliskan
bilangan yang sesuai dengan banyak benda pada papan tulis.
F
Membaca nama
bilangan yang tertera pada papan tulis.
F
Mengerjakan
latihan menuliskan lambang bilangan dan
membacanya secara individual dan
klasikal.
F
Menirukan
kata-kata yang diucapkan guru yang mengandung vocal eu.( ceuli, peureup,
beubeur, dll )
F
Mengeja
setiap kata untuk membedakan bunyi dan penulisan antara e`, e, dan eu.
F
Membedakan
suara e`, e dan eu pada kata dengan cara menyimpan kartu huruf dengan tepat.
F
Membaca ulang
secara individual kata-kata yang mempunyai vocal e`, e, dan eu.
F Membaca ulang secara klasikal kata-kata yang mempunyai vocal e`, e,
dan eu.
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi kesempatan
untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 2 x 35 menit.
( Bahasa Indonesia, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat
Membaca huruf yang sudah dijiplak dan ditebalkan.
F
Membaca
lambang bilangan 1 – 10 yang di
perlihatkan guru melalui kartu bilangan secara urut.
F
Membaca
lambang bilangan 11 – 20 yang
diperlihatkan guru melalui kartu bilangan secara urut.
F Membaca lambang bilangan 1- 20 yang diperlihatkan
guru melalui kartu huruf secara acak.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Melakukan
menjiplak bentuk huruf lepas a, i,
dengan posisi duduk dan memegang alat tulis dengan baik.
F
Menebalkan
bentuk huruf lepas a , i dengan posisi duduk dan memegang alat tulis
yang baik.
F
Menyimpan
kartu bilangan sesuai dengan yang diucapkan guru..
F
Mengambil
kartu bilangan sesuka hati lalu membacanya.
F Menuliskan lambang bilangan sesuai yang diucapkan guru.
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke lima 3 x 35 menit ( Matematika,
Bahasa Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat
Mengamati sekelompok benda yang berjumlah 1 – 10.
F
Mengelompokkan
benda tersebut dari jumlah yang terkecil.
F
Membaca
lambang bilangan dari tiap jumlah kelompok benda yang telah berurut.
F Membaca hasil jiplakan dan menebalkan huruf yang sudah
dipelajari.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Menuliskan
lambang bilangan dari tiap jumlah kelompok benda.
F
Melakukan
menjiplak bentuk huruf lepas e, o, m, n, b, d
dengan posisi duduk dan memegang alat tulis dengan baik.
F
Menebalkan
bentuk huruf lepas e , o, m , n, b ,
d dengan posisi duduk dan memegang
alat tulis yang baik.
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
NB:jika sobat ingin melihat selengkapnya tolong berikan pesan di kotak komentar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar