RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SIKLUS II
Sekolah :SDN 3 Karang
Bongkot
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam
(IPA)
Kelas/Semester : V/1
Alokasi Waktu : 3 × 35 menit (1 pertemuan)
I. Standar
Kompetensi
1. Mengidentifikasi cara makhluk hidup menyesuaikan
diri dengan lingkungannya.
II.
Kompetensi Dasar
1.1 Mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan tertentu untuk mempetahankan hidup.
III.
Indikator
3.1.1.
Menghubungkan antara bentuk kaki burung
dengan cara memperoleh makanan dan tempat
hidupnya.
3.1.2. Menghubungkan antara bentuk paruh burung dengan jenis makanannya.
3.1.3.
Menghubungkan antara jenis mulut serangga
dengan jenis makanannya.
IV.
Tujuan pembelajaran
Melalui kegiatan
mengamati gambar dan diskusi kelompok, siswa dapat menghubungkan antara bentuk kaki burung
dengan cara memperoleh makanan dan tempat
hidupnya.
Melalui kegiatan
mengamati gambar dan diskusi kelompok, siswa dapat menghubungkan antara bentuk paruh burung dengan jenis makanannya. Melalui kegiatan mengamati gambar dan diskusi kelompok, siswa dapat
menghubungkan antara jenis mulut serangga dengan jenis makanannya.
V.
Materi ajar
Penyesuaian makhluk hidup dengan
lingkungannya.
VI.
Pendekatan dan Metode pembelajaran
Pendekatan : Model Pembelajaran interaktif tipe Examples Non
Examples
Metode :
- Tanya jawab
- Ceramah
- Diskusi kelompok
- Penugasan
VII.Kegiatan
pembelajaran
a. Pra kegiatan ( 5 menit )
Salam, presensi, pengkondisian kelas
Kegiatan awal (10 menit)
Absensi kelas
b. Apersepsi
1)
Guru
memajang gambar-gambar hewan di papan tulis
2)
Siswa
mengamati gambar gambar tersebut
3)
Guru mengajukan pertanyaan:
- Pernahkah kamu melihat burung elang?
- Bagaimana
bentuk paruhnya?
4)
Menyampaikan materi pembelajaran, seperti: “Anak-anak, hari ini kita akan
mempelajari tentang cara penyesuaian hewan dengan lingkungannya.”
5)
Menyampaikan tujuan pembelajaran,
seperti: “Tujuan kita mempelajari materi ini adalah agar kita mengetahui
bagaimana cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkungan.”
c. Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
a) Guru menggali pengetahuan siswa tentang pengertian adaptasi.
b) Siswa menjawab pertanyaan guru.
c) Guru menunjukkan sebuah gambar paruh burung .Guru mengajukan pertanyaan,
seperti: “Bagaimana bentuk paruh burung tersebut? Apa jenis makanannya?”
d) Guru menunjukkan sebuah gambar kaki burung. Guru mengajukan pertanyaan, seperti:
“Bagaimana bentuk kaki burung tersebut? Apa jenis makanannya? Dimana tempat
hidupnya?”
e) Guru menunjukkan sebuah mulut serangga. Guru mengajukan
pertanyaan, seperti: “Bagaimana bentuk mulut serangga tersebut? Apa jenis
makanannya?
f) Siswa menjawab pertanyaan guru.
Elaborasi
a) Siswa membentuk kelompok
2-3 orang siswa dengan panduan guru.
b) Guru menjelaskan tata tertib dan kegiatan yang harus dilakukan oleh siswa.
c) Guru membagikan LKS kepada setiap kelompok.
d) Setiap kelompok mengerjakan LKS bersama-sama.
e) Guru memberikan batas waktu mengerjakan LKS.
f) Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas.
g) Siswa dan guru bersama- sama membahas hasil diskusi
Konfirmasi
a) Memfasilitasi peserta didik menyelesaikan masalah
yang belum terselesaikan.
b) Siswa mendapat penghargaan dari guru
c) Siswa mendengar penjelasan dari guru tentang materi yang dipelajari
d) Siswa diberi kesempatan bertanya
d.
Kegiatan penutup (20 menit)
a)Siswa bersama guru membuat kesimpulan pembelajaran
b) Evaluasi dan tindak lanjut
VIII.
ALAT DAN SUMBER BAHAN
ALAT PERAGA :
a.
Gambar bermacam macam kaki burung
b.
Gambar bermacam macam paruh burung
c.
Gambar bermacam macam mulut serangga
Sumber :
a. BSE Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD dan MI Kelas V karya Heri Sulistyanto
dan Edy Wiyono.
IX.
Penilaian
· Tes tertulis
· Non tes
a) Lembar pengamatan diskusi
b) Produk (laporan hasil lemba kerja)
c) Lembar kegiatan siswa
X.
Format Kriteria Penilaian
Terlampir
Tidak ada komentar:
Posting Komentar