Sabtu, 07 Desember 2013

KUMPULAN RPP KLS V SD



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
                                          SIKLUS II

Sekolah                              :SDN 3 Karang Bongkot    
Mata Pelajaran                  : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas/Semester                  : V/1
Alokasi Waktu                 : 3 × 35 menit (1 pertemuan)
I.     Standar Kompetensi
1.      Mengidentifikasi cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungannya.
II.  Kompetensi Dasar
1.1     Mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan  tertentu untuk mempetahankan hidup.
III.   Indikator
3.1.1.                Menghubungkan antara bentuk kaki burung dengan cara memperoleh makanan dan tempat hidupnya.
3.1.2.                Menghubungkan antara bentuk paruh burung dengan jenis makanannya.
3.1.3.           Menghubungkan antara jenis mulut serangga dengan jenis makanannya.
IV.   Tujuan pembelajaran
Melalui kegiatan mengamati gambar dan diskusi kelompok, siswa dapat menghubungkan antara bentuk kaki burung dengan cara memperoleh makanan dan tempat hidupnya.
Melalui kegiatan mengamati gambar dan diskusi kelompok, siswa dapat menghubungkan antara bentuk paruh burung dengan jenis makanannya.  Melalui kegiatan mengamati gambar dan diskusi kelompok, siswa dapat menghubungkan antara jenis mulut serangga dengan jenis makanannya.

V.  Materi ajar
     Penyesuaian makhluk hidup dengan lingkungannya.
VI.   Pendekatan dan Metode pembelajaran
Pendekatan          :  Model Pembelajaran interaktif tipe Examples Non Examples
Metode                 : -   Tanya jawab
-       Ceramah
-       Diskusi kelompok
-       Penugasan
VII.Kegiatan pembelajaran
a.       Pra kegiatan ( 5 menit )
Salam, presensi, pengkondisian  kelas
Kegiatan awal (10 menit)
Absensi kelas
b.      Apersepsi
1)      Guru memajang gambar-gambar hewan di papan tulis
2)      Siswa mengamati gambar gambar tersebut
3)      Guru mengajukan pertanyaan:
-  Pernahkah kamu melihat burung elang?
-   Bagaimana bentuk paruhnya?
4)      Menyampaikan materi pembelajaran, seperti: “Anak-anak, hari ini kita akan mempelajari tentang cara penyesuaian hewan dengan lingkungannya.”
5)      Menyampaikan  tujuan pembelajaran, seperti: “Tujuan kita mempelajari materi ini adalah agar kita mengetahui bagaimana cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkungan.”
c.       Kegiatan inti (70  menit)
Eksplorasi
a)    Guru menggali pengetahuan siswa tentang pengertian adaptasi.
b)   Siswa menjawab pertanyaan guru.
c)    Guru menunjukkan sebuah gambar paruh burung .Guru mengajukan pertanyaan, seperti: “Bagaimana bentuk paruh burung tersebut? Apa jenis makanannya?”
d)   Guru menunjukkan sebuah gambar kaki burung.  Guru mengajukan pertanyaan, seperti: “Bagaimana bentuk kaki burung tersebut? Apa jenis makanannya? Dimana tempat hidupnya?”
e)    Guru menunjukkan sebuah mulut serangga. Guru mengajukan pertanyaan, seperti: “Bagaimana bentuk mulut serangga tersebut? Apa jenis makanannya?
f)    Siswa menjawab pertanyaan guru.
Elaborasi
a)    Siswa membentuk kelompok 2-3 orang siswa dengan panduan guru.
b)   Guru menjelaskan tata tertib dan kegiatan yang harus dilakukan oleh siswa.
c)    Guru membagikan LKS kepada setiap kelompok.
d)   Setiap kelompok mengerjakan LKS bersama-sama.
e)    Guru memberikan batas waktu mengerjakan LKS.
f)    Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas.
g)   Siswa dan guru bersama- sama membahas hasil diskusi
Konfirmasi
a)   Memfasilitasi peserta didik menyelesaikan masalah yang belum terselesaikan.
b)   Siswa mendapat penghargaan dari guru
c)   Siswa mendengar penjelasan dari guru tentang materi yang dipelajari
d)  Siswa diberi kesempatan bertanya
d.      Kegiatan penutup (20  menit)         
a)Siswa bersama guru membuat kesimpulan pembelajaran
b)   Evaluasi dan tindak lanjut


VIII.       ALAT DAN SUMBER BAHAN
ALAT PERAGA :
a.       Gambar bermacam macam kaki burung
b.      Gambar bermacam macam paruh burung
c.       Gambar bermacam macam mulut serangga
Sumber :                                                      
a.      BSE Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD dan MI Kelas V karya Heri Sulistyanto dan Edy Wiyono.
IX.   Penilaian
·        Tes tertulis
·         Non tes                                  
a)      Lembar pengamatan diskusi
b)      Produk (laporan hasil lemba kerja)
c)      Lembar kegiatan siswa
X.  Format Kriteria Penilaian
Terlampir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar